Looking for a job - story (03)

Selamat siang semua…. Haha masih semangat semua ya, hahahaha. Kali ini ane mau lanjutin lagi cerita yang sebelumnya, dicerita sebelumnya ane masih kerja jadi salesman yang muter2 toko bawa “bronjong” dan 2 bulan kemudian ada temen ane yang ngasih informasi bahwa ditempat kerjanya ada lowongan kerja guru bahasa Inggris, Jadi gini,,,, lembaga tempat temen ane kerja itu kan bekerjasama dengan pihak sekolah dengan menyediakan fasilitas laboratorium bahasa Inggris dan gurunya juga dan tentunya perawatan laboratorium sebulan sekali. Nah lembaga tersebut sudah bekerjasama dengan banyak sekolah mulai dari Surakarta, Klaten, Boyolali, Sragen, Yogyakarta, Magelang, Madiun dan masih banyak lagi, hebat yah (tepuk tangan). Nah ada satu tempat yang masih kosong jadi ane ditawarin kerja disana. Nah ane punya sedikit cerita seru gaess,hehe saat ane masih kerja jadi salesman, ane kan bawa bronjong tuh, saat itu ane sedang jam kerja tapi ane bela-belain ikut tes di Lembaga itu, terus bronjongnya ane titipin di salah satu warung yang udah akrab denganku, dan ane kagak enak ama yang punya warung, soalnya beliau bantuin ane mindahin bronjong dari sepeda ane masuk kerumahnya,haha ya ampun baik banget dah tuh yang punya warung, ane ampe geleng2 kepala, (tepuk saluuuuttttt)
terus lanjutannya ane tes, tes wawancara in English, setelah beberapa saat penilaian - ane diberikan pernyataan ane lolos lalu diberikan surat kontrak, ane minta kontrak 2 tahun dulu, Singkatnya, ane balik lagi ke warung tadi untuk ambil bronjong ane,ckckckck terus balik lagi ke kantor distributor tempat ane kerja jadi salesman, waktu balik ane grogi banget gaess, soalnya omzet ane kecil banget, tapi yaudahlah segala suara masuk dari telinga kanan keluar dari kiri,ckckckck. Beberapa hari kemudian ane pamit ke Supervisornya dan temen2 ane kerja, sedih juga harus berpisah, tapi sekali lagi, the show must go on. Hehe
Ane masuk kerja ditempat yang baru, cihuyyyy di lembaga pendidikan yang ane jlentrehin tadi, hehe ane ditugaskan di SMK Gunung Kidul, disana ane ngajar di dua sekolah, dan ngajar murid kelas X, XI, dan XII, that was my best experience guys. Disana banyak banget kenangan yang terjadi, dari seru2an dengan murid2 dan kegokilan mereka bikin ane gak bisa nahan ketawa, dan kata orang yang lama gak jumpa ane katanya berat badan ane nambah, ane gak percaya, ane langsung ke apotek beli obat sakit kepala trus ane numpang nimbang berat badan, dan ternyata berat badan ane naik 8 Kg. (geleng2 kepala)
Sebulan mengajar di Gunung Kidul, ada kabar dari temen ane bahwa ada pembukaan SM3T dan Indonesia Mengajar, 2 program itu sangat beken dan di ikuti oleh banyak lulusan S1 atau S2, akhirnya ane daftar SM3T, proses awal adalah administrasi, tapi sayang, ane gak lolos administrasi, parah banget ya ane,(sedih hati). Untung ane belum resign dari Lembaga Pendidikan tadi, hehe. Sebenarnya masih banyak cerita di SMK Gunung Kidul, tapi ane juga masih punya cerita tentang proses rekruitmen di tempat lain. Ane mulai mengajar di SMK Gunung Kidul sejak tahun 2012, dan tahun 2013 ada pembukaan calon karyawan PT KAI dan Kemenkumham, ane langsung ikut, kalau PT KAI itu tes rekruitmennya di Jogjakarta, sedang Kemenkumham di Surabaya.
Tes PT KAI (Kereta Api Indonesia)
Ane kala itu datang agak mendekati jam pembukaan tes kesehatan, ternyata udah ada peserta banyak banget yang nunggu disana, akhirnya ane gak dapat nomor antrian tes, alhasil ane balik lagi ke Gunung Kidul dan dihari selanjutnya ane datang lebih awal, dan saat itu ane akan tes, tapi berhubung ada beberapa hal, akhirnya ane mengundurkan diri, (sayang banget)
Tes Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Ham)
Ini adalah pengalaman yang paling nekat buat ane karena ane melamar posisi Penjaga Lapas, untuk tesnya ada beberapa tahap, dan tes yang pertama yaitu administrasi, surat2 yang harus disiapin buanyak banget menurut ane, dan yang paling bikin capek adalah saat mencari surat kesehatan dari RSUD, Puskesmas gak mau ngasih, di RSUD aja udah nunggu banyak banget antriannya, terus ane harus muter dari ruang ini ke ruang selanjutnya. Tapi akhirnya dapat juga Surat kesehatannya. Terus semua surat2 udah ane kumpulin semua dan esoknya ane kirimkan lewat Kantor Pos. selang beberapa hari ane cek di website dan nama ane ada di pengumuman lolos seleksi administrasi, dan yang lolos itu sekitar 1600 gaess, untuk formasi 211 atau 214 ane lupa. Untuk tes yang selanjutnya, tesnya datang ke Surabaya dan membawa Ijazah asli. Tapi sekali lagi ane harus mengundurkan diri, ada beberapa hal yang jadi pertimbangan ane. Bulan berlalu begitu cepat, dan akhirnya tiba di bulan Juni tahun 2014 - ane selesai kontrak di Lembaga Pendidikan yang ditempatkan di SMK Gunung Kidul tadi. Selesai kontrak ane mencari pekerjaan di bidang yang lain alias banting stir gaess, ane akuin bahwa jadi guru itu adalah cita2 ane kedua setelah cita2 jadi Polisi, ane kembali lagi masuk ke dunia marketing, ane ngerasa lebih cocok kerja di lapangan, selain gaji ada hal lain yang bikin ane betah, yaitu waktunya yang fleksibel,hehe Setelah selesai kontrak ane mencoba melamar di berbagai tempat via online maupun offline, kalau online ane bikin di Jobstr**t, Car**rbuil**r, Job**b, dan selalu melihat Lowongan kerja di internet, kayak Portal S*l*, Portal J*gj*, Portal Sem*r*ng, Ad**loker, C** UNS dll, kalau yang offline ya ane anter sendiri ke kantornya, biar tahu sekalian dimana tempatnya, sekalian jalan2,haha tapi kalau agak jauh kayak Semarang, Jakarta dll ane kirim via Pos. Ane juga dapat info loker dari teman2 ane, dan juga teman yang baru kenal saat ikut tes rekruitmen.
Dibawah ini ada berbagai PT yang memanggilku untuk mengikuti tes, PT nya berikut ini:

Mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dalam penulisan maupun ada hal yang tidak berkenan bagi para pembaca. Saya tidak bermaksud buruk kepada siapapun – karena ini hanyalah cerita pengalaman saya. Diatasnya langit masih ada langit dan saya akui masih banyak orang hebat dari saya dan salah satunya yang sedang membaca tulisan saya ini.

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post